post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

ORGANISASI ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN

Organisasi
  1. Ada dua pengertian yang sering kali dipergunakan untuk maksud yang sama, yakni pengertian organisasi dan pengertian institusi. Keduanya sebenarnya berbeda,Organisasi lebih menunjukkan ikatan-ikatan struktural, sedang institusi lebih menampilkan ikatan-ikatan normatif sosial. 
  2. Bertitik tolak dari kesadaran akan arti pentingnya organisasi dalam kehidupansosial, berkembang berbagai macam teori organisasi. Teori-teori organisasi ini dapat dibagi dalam tiga kelompok teori berikut: model tertutup,model terbuka,dan model sintesis. 
  3. Bentuk organisasi yang paling banyak dijumpai adalah organisasi lini dan staf.Dalam organisasi yang demikian, anggota organisasi terbagi dua: yang berkaitan dengan implementasi organisasi disebut unit lini, dan mereka yang mempunyai aktivitas untuk memberikan nasihat kepada pimpinan disebut unit staf. 
  4. Koordinasi dapat dipandang sebagai konsekuensi dari adanya pembagian tugasatau spesialisasi. Koordinasi merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk menyatu padukan semua aktivitas organisasi menuju titik yang sama. Sedangkanfungsi pengawasan dilakukan untuk membuat kegiatan yang dilakukan satuan kerja atau unit-unit organisasi berjalan sesuai dengan rencana yang telah di tetapkan. Dengan demikian dapat dicegah kegiatan-kegiatan yang menyimpang dari rencana.

Dasar-dasar Manajemen 
Perkembangan teori manajemen, menurut pendapat Leonard J. Kazmier, dapat dibagi dalam empat periode yakni: 
  • Gerakan manajemen ilmiah,
  • Prinsip-prinsip umum manajemen,
  • Pengaruh dari ilmu perilaku,
  • Pendekatan sistem dan kuantitatif,

Fungsi-Fungsi P.O.S.D.Co.R.B. dalam Administrasi Negara
  1. Yang mengembangkan tujuh prinsip POSDCoRB adalah Luther H.Gullick.POSDCoRB adalah akronim dari “planning, organizing, staffing, directing,coordinating, reporting, budgeting”. Menurut Gullick ketujuh aktivitas inilah yang pada umumnya dijalankan oleh manajer pada semua organisasi.
  2. Perencanaan adalah kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan penyusunan garis-garis besar yang memuat sesuatu yang harus dikerjakan, dan metode-metode untuk melaksanakannya dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Henry Fayoltelah menunjukkan adanya 8 kriteria bagi suatu rencana yang baik. Dalampemerintahan, dikenal tiga macam perencanaan, yakni: perencanaan jangka panjang, menengah, dan pendek.
  3. Yang dimaksudkan dengan pengorganisasian adalah aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan penyusunan struktur yang dirancang untuk membantu pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Pengorganisasian sebenarnya merupakan proses mengorganisasikan orang-orang untuk melaksanakan tugas pokoknya. Karena itu, dalam administrasi negara masalah organisasi dan personalia merupakan dua faktor utama.
  4. Yang dimaksudkan dengan penyediaan staf adalah.pengarahan dan latihansekelompok orang yang mengerjakan sesuatu tugas, dan memelihara kondisi kerjayang menyenangkan. Dalam upaya mengembangkan staff metode yang dapat di pergunakan, antara lain: latihan jabatan, penugasan khusus, simulasi, permainan peranan, satuan tugas penelitian, pengembangan diri dan seterusnya. Sementaraitu ada tiga tipe program pengembangan staf yang terdiri dari: “presupervisory programs”, “middle management programs” dan “executive development programs”.
  5. Yang dimaksudkan dengan pengarahan adalah pembuatan keputusan-keputusan dan menyatukan mereka dalam aturan yang bersifat khusus dan umum. Fungsi pengarahan melibatkan pembimbingan dan supervisi terhadap usaha-usaha bawahan dalam rangka pencapalan sasaran-sasaran organisasi.Dalam kaitannya dengan fungal ini, ilmu-ilmu perilaku telah memberikan sumbangan besar dalam bidang-bidang motivasi dan komunikasi.
  6. Yang dimaksudkan dengan pengkoordinasian adalah kegiatan-kegiatan untuk mempertalikan berbagai bagian-bagian pekerjaan dalam sesuatu organisasi.Mengenai koordinasi ada beda pandang antara beberapa sarjana. Di satu pihak adayang memandangnya sebagai fungsi manajemen. Sedang pihak yang lain,menganggapnya sebagai tujuan manajemen. Dalam pandangan yang kedua,keberhasilan koordinasi sepenuhnya tergantung pada keberhasilan atau efektivitasdart fungsi-fungsi perercanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan.
  7. Dengan pelaporan dimaksudkan sebagai fungsi yang berkaitan dengan pemberianinformasi kepada manajer, sehingga yang bersangkutan dapat mengikutiperkembangan dan kemajuan kerja. Jalur pelaporan dapat bersifat vertikal, tetapidapat juga bersifat horizontal. Pentingnya pelaporan terlihat dalam kaitannya dengan konsep sistem informasi manajemen, yang merupakan hal penting dalam pembuatan keputusan oleh manajer.
  8. Penganggaran adalah fungsi yang berkenaan dengan pengendalian organisasi melalui perencanaan fiskal dan akutansi. Sesuatu anggaran, baik APBN maupunAPBD, menunjukkan dua hal: pertama sebagai satu pernyataan fiskal dan keduasebagai suatu mekanisme. Allen Schick mengungkapkan adanya tiga tujuan anggaran: pengawasan, manajemen, dan perencanaan. Sedangkan fungsi anggaran berdasarkan perjalankan historisnya terdiri dari empat macam yaitu: fungsikontrol, fungsi manajemen, fungsi perencanaan, dan fungsi evaluasi.