post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

PENTINGNYA STUDI ADMINISTRASI NEGARA

Kekhususan Administrasi Negara

Administrasi negara mempunyai banyak definisi yang berbeda satu sama lain,sesuai dengan cakupan dan pusat perhatian.Sekalipun demikian,jika administrasi negara dibandingkan dengan organisasi sosial yang lain,maka segera terungkap bahwa administrasi negara mempunyai hal-hal yang bersifat khusus yang tidak dimiliki oleh organisasi-organisasi lainnya.Caiden (1982) menunjukkan tujuh kekhususan administrasi negara,yaitu
  • Kehadiran administrasi negara tidak bisa dihindari. 
  • Administrasi negara mengharapkan kepatuhan.
  • Administrasi negara mempunyai kekecualian.
  • Administrasi negara mempunyai prioritas.
  • Manajemen puncak administrasi negara adalah politik. 
  • Penampilan administrasi negara sulit diukur.
  • Lebih banyak harapan yang diletakkan pada administrasi negara.


Identifikasi Administrasi Negara 
  1. Identifikasi terhadap administrasi negara, menurut pandapat Gerald E.Caiden,dapat ditempuh melalui lima cara berikut :a.Identifikasi administrasi pemerintahan. b. Identifikasi organisasi publik.c. Identifikasi orientasi sikap administrasi.d. Identifikasi proses yang bersifat khusus.e. Identifikasi aspek publik
  2. Administrasi negara tidak bisa diidentifikasikan hanya atas dasar salah satu darike empat indikator berikut : administrasi pemerintahan, organisasi publik, sikapadministrasi dan proses yang bersifat khusus. 
  3. Lima identifikasi mengandung unsur yang bersifat umum,yakni : administrasi negara menunjukkan aktivitas komunal yang di organisasikan secara publik, dalam arahan politik, dan beroperasi berdasarkan kaidah-kaidah publik.

Peranan Administrasi Negara

Pentingnya studi administrasi Negara dikaitkan dengan kenyataan bahwa kehidupan menjadi tak bermakna,kecuali dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat public.Segala hal yang berkenaan dengan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang bersifat public telah di cakup dalam pengertian administrasi Negara,khususnya dalam mengkaji kebijaksanaan publik.Dalam proses pembangunan sebagai konsekuensi dari pandangan bahwa administrasi Negara merupakan motor penggerak pembangunan,maka administrasi Negara membantu untuk meningkatkan kemampuan administrasi.Artinya,disamping memberikan ketrampilan dalam bidang prosedur,teknik,dan mekanik,studi administrasi akan memberikan bekal ilmiah mengenai bagaimana mengorganisasikan segala energi social dan melakukan evaluasi terhadap kegiatan.Dengan demikian,determinasi kebijaksanaan public,baik dalam tahapan formulasi, implementasi, evaluasi, amupun terminasi, selalu dikaitkan dengan aspek produktifitas kepraktisan,kearifan,ekonomi dan apresiasi terhadap system nilai yang berlaku. menekankan prinsip persaingan bebas. Secara politis, peranan administrasi Negara adalah memelihara stabilitas Negara, baik dalam pengertian keutuhan wilayah maupun keutuhan Peranan administrasi Negara makin dibutuhkan dalam alam globalisasi yang amatpolitik. Secara ekonomi, peranan administrasi Negara adalah menjamin adanya kemampuan ekonomi nasional untuk menghadapi dan mengatasi persaingan global.





Krisis Identitas

Krisis identitas yang dialami administrasi negara, menurut Henry (1995:21), berkisar  pada persoalan bagaimana administrasi negara memandang dirinya sendiri dalam waktu-waktu silam. Secara rinci krisis identitas dimaksud menunjukkan bahwa:
1.Krisis identitas yang dihadapi administrasi negara bertumpu pada tiadanya kesepakatan tentang administrasi negara sebagai ilmu ataukah bukan.
2.Sesuatu pengetahuan dapat dipandang sebagai ilmu apabila memenuhi dua ukuran berikut:
  • a. mempunyai paradigma teoritis; 
  • b.mempunyai teori-inti.
3.Nicholas Henry menunjukkan adanya lima paradigma administrasi negara, yang terdiri dari
  • a.Dikhotomi politik-administrasi (1900-1927); 
  • b.Prinsip-prinsip adiministrasi (1927-1937);
  • c.Administrasi negara sebagai ilmu politik (1950-sampai sekarang);
  • d.Administrasi negara sebagai ilmu administrasi (1956-1970);
  • e.Administrasi negara sebagai administrasi negara (1970-sampai sekarang)
4.Administrasi negara dapat dipandang sebagas studi multidisipliner yang bersifat eklektis karena banyak konsep yang di pinjam dari ilmu-ilmu lain.



 http://www.scribd.com/