post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

wanita afrika tergugah dengan aceh

JAKARTA - Duta Besar Zimbabwe untuk Indonesia, Alice Mageza, punya kesan mendalam ketika mengunjungi Aceh, tahun 2004 silam. Saat itu ia baru sepekan tiba di Indonesia. Begitu mendapat kabar Aceh dilanda gempa dan tsunami, ia dan beberapa diplomat negara Afrika di Indonesia berangkat ke Medan, kemudian ke Banda Aceh.

“Kami dari pemerintah Zimbabwe membantu penyediaan air bersih, menyumbangkan selimut dan buku-buku. Saya mendapat gambaran yang sangat menyentuh atas apa yang terjadi, pertamakalinya dalam tugas diplomatik ke Indonesia,” ungkap Alice Mageza, usai menerima para wartawan di kediamannya di Jakarta, Kamis malam, 21 Juni 2012.

Ia mengunjungi penampungan sementara untuk menemui anak-anak korban tsunami dan melihat semangat warga Aceh yang masih ada. “Meskipun merka sedang ditimpa musibah sangat berat,” katanya
“Saya bertemu anak-anak yang kehilangan orangtuanya, mereka tinggal di rumah-rumah penampungan sementara yang dibangun pemerintah setempat. Mereka tetap bahagia dan itu yang paling penting untuk bertahan hidup, tanpa menangisi keadaan, kita harus bergerak ke depan.