post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

birokrasi pemerintahan (government bureaucracy)

Birokrasi berawal dari bahasa prancis,bureaucratie yang artinya kekuasaan yang terpengaruh dari para kepala dan staf biro pemerintahan.Sedangkan bureaukratie dalam bahasa jerman yakni kekuasaan atau wewenang yang berada di departemen pemerintah dan cabang-cabangnya memperebutkan untuk diri mereka sendiri atas sesama warga Negara.
Ada beberapa perspectif para pakar tentang birokrasi:
Ø  Menurut Hegel
Birokrasi adalah medium yang mempertemukan kepentingan rakyat dan pemerintah,birokrasi mengemban tugas yang besar berupa harmonisasi hubungan antara rakyat dan pemerintah.
Ø  Menurut blau
Birokrasi merupakan suatu lembaga yang sangat kuat dengan kemampuan  untuk meningkatkan kapasitas-kapasitas potensial terhadap hal-hal yang baik maupun buruk karena birokrasi merupakan instrumen administrasi rasionalisme yang netral pada skala besar.
Ø  Menurut Ali Mufiz
Birokrasi adalah intisari dari otorita legal nasional adalah birokrasi,jantung dari birokrasi dalam system hubungan yang di rumuskan secara rasional oleh aturan-aturan.
 Jadi,birokrasi pemerintah adalah sekumpulan tugas dan jabatan yang terorganisasi secara formal,berkaitan dengan jenjang yang komplek dan tunduk pada pembuat peran formal.

Makna birokrasi di klasifikasikan dalam 3 kategori yaitu :
  • Birokrasi di pandang sebagai bentuk organisasi yang bengkak dan jumlah pegawai yang besar.
  • Birokrasi di pandang sebagai perluasan kekuasaan pemerintah dengan maksud mengontrol  kegiatan masyarakat.
Birokrasi di pandang sebagai rasionalisme prosedurpemerintahan dan aparat administrasi public.