post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Arif : Cita-cita Hanya untuk Bangun Aceh

Usianya kini 19 tahun. Ia baru saja memasuki dunia kampus setelah lulus dari SMAN 3 Putra Bangsa Lhoksukon Aceh Utara. Selama atas prestasi akademiknya ia berhasil memperoleh beasiswa prestasi penuh untuk program pendidikan Strata 1 (S1). Saat orientasi kampus beberapa waktu lalu ia juga dinobatkan sebagai peserta terbaik mahasiswa baru tahun 2012.

Arif Hidayat namanya, remaja kelahiran 18 September 1993 silam itu berhasil memperoleh satu dari 200 penerima beasiswa prestasi dan unggulan yang diberikan oleh Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta.
“Ini luar biasa, saya tidak pernah menyangka akan mendapatkan beasiswa itu. Ini tantangan terbesar untuk saya atas tuntutan IP minimal 3.20, jika tidak, beasiswa dicabut,” ujarnya saat berbincang-bincang dengan The Atjeh Post, Minggu, 14 Oktober 2012 melalui jejaring sosial.
“Tentu saja saya tidak akan membiarkan itu terjadi. Saya akan berjuang dan optimis bisa mencapai IP yang diinginkan universitas, karena ini untuk masa depan saya,” katanya lagi.
Saat ini ia juga menjabat sebagai Pj Ketua Umum Pelajar Islam Indonesia (PII) Aceh Utara. “Saya aktif dalam PII sejak 2006 lalu. Selain itu, saya juga masih tercatat sebagai anggota dari Ikatan Siswa Kader Dakwah (ISKADA) Aceh sejak awal 2012,” papar Arif.

Dari semua prestasi yang pernah ia raih, Pramuka adalah kebanggaan utamanya. Ia sempat menjadi satu dari lima perwakilan Aceh sebagai Participan in the 22nd World Scout Jamboree Held in Rinkaby, Kristianstad, Sweden pada September 2010 silam.
Meski aktif dengan segudang aktivitas yang ia geluti, Arif memiliki cita-cita menjadi Wirausahawan. Dengan harapan kelak dapat membuka lapangan kerja di Aceh.  “Rasanya sangat bahagia jika bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain, meski dalam skala kecil. Yang penting dapat mengurangi angka pengangguran,” ujar mahasiswa jurusan Manajemen itu yang juga Duta Inteligensia HIV/AIDS 2011.

Ia berangkat dari keluarga yang sederhana dan memulai pendidikan di Sekolah Dasar (SD) yang berada dekat dengan rumahnya. Masa itu, hampir seluruh prestasi yang ada dalam setiap perlombaan disabetnya, termasuk meraih Juara Umum setiap tahunnya.
Berlanjut ke SMP Negeri 2 di kota yang sama, ia kembali mengukir prestasinya dengan meraih Juara Umum selama 3 tahun berturut-turut. Arif juga meraih juara I dalam segala lomba, mulai dari membaca puisi, busana muslim, sepak bola hingga bulu tangkis.

Tak hanya itu, ternyata bakat dan minatnya terhadap Pramuka memang sudah ada sejak awal, buktinya saat SMP, ia sudah terpilih menjadi Ketua Pramuka di sekolahnya. Di SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon, ia juga aktif dalam segala kegiatan Osis dan lainnya.
Saat ini Arif juga aktif di sembilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sekaligus di antaranya UKM Islam Alfaruq, paduan suara Mercu Buana, pramuka, menwa dan entrepreneur club.
 http://atjehpost.com